10 MANFAAT KACANG METE UNTUK KESEHATAN

Kacang mete tidak hanya dapat dijadikan camilan, tetapi juga bisa dicampurkan ke dalam berbagai jenis hidangan, seperti kue, tumisan, dan sebagainya. Manfaat kacang mete tidak berhenti sampai menjadi camilan dan tambahan untuk masakan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan adalah manfaat kacang mete yang tentunya menggiurkan. Sebuah riset dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk mencerna kacang dan seluruh kalori dalam kacang tidak semuanya dapat diserap oleh tubuh.

Manfaat kacang mete dalam membantu menurunkan berat badan dikarenakan sulitnya kacang mete dicerna dalam tubuh, sehingga kacang mete akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, konsumsi kacang-kacangan juga ditemukan mampu menurunkan berat badan pada wanita yang memiliki risiko mengalami obesitas.

Oleh karenanya, Anda bisa mengganti makanan-makanan atau cemilan-cemilan yang tidak bergizi dan tinggi kalori dengan kacang mete.

  1. Melindungi dari penyakit jantung

Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, manfaat kacang mete juga dapat melindungi dari penyakit jantung karena dapat menurunkan kolesterol LDL yang jahat. Kandungan magnesium dalam kacang mete turut berperan dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Wortel bukanlah satu-satunya sayuran yang berguna untuk kesehatan mata, karena manfaat kacang mete adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Hal ini karena kacang mete mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari kerusakan yang mampu menimbulkan kebutaan.

  1. Mencegah batu empedu

Studi menemukan bahwa konsumsi 143 gram kacang dapat menurunkan risiko terjangkit penyakit batu empedu dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi 28,6 gram kacang tiap minggunya. Itulah mengapa manfaat kacang mete dipercaya mampu cegah batu empedu.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kacang mete dalam melindungi tulang berasal dari senyawa tembaga di dalam kacang mete yang dapat mencegah osteoporosis akibat penurunan kepadatan mineral dalam tulang.

Selain itu, mineral tembaga berperan dalam pembentukan tulang serta mengatur kolagen dan elastin yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan dan menghindari terpakainya tulang sebagai alternatif untuk mengganti jaringan yang rusak.

  1. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat kacang mete yang tinggi mangan dapat membantu metabolisme kolesterol, lemak, dan protein dalam tubuh. Proses tersebut dibutuhkan untuk membuat protein yang dapat berguna untuk penyembuhan luka.

  1. Kaya akan zat besi

Manfaat kacang mete adalah menjadi sumber zat besi untuk tubuh, karena zat besi berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Zat besi berfungsi untuk membantu produksi heme di sel darah merah dalam tubuh yang merupakan senyawa untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin penting untuk transportasi oksigen dalam tubuh.

Zat besi juga dapat mendukung sistem imun tubuh dengan membantu sel darah putih menghancurkan organisme-organisme yang menginfeksi tubuh.

  1. Tinggi senyawa tembaga dan seng

Selain zat besi, mineral lain yang bisa didapatkan dari kacang mete adalah tembaga dan seng. Mineral seng berguna untuk mengaktivasi protein dalam tubuh, termasuk protein yang menyokong sistem imun tubuh dan perkembangan sel tubuh yang sehat.

Sementara tembaga berperan dalam proses pengelolaan zat besi dalam tubuh, produksi energi, dan menguatkan pembuluh darah

  1. Menjaga tekanan darah

Kandungan zat besi dan tembaga dalam kacang mete juga  berkontribusi dalam membentuk manfaat kacang mete untuk membantu tubuh menggunakan sel darah merah secara efektif.

  1. Mencegah kanker

Manfaat kacang mete yang tidak boleh diremehkan ialah mencegah kanker. Sebuah tes tabung membuktikan bahwa kacang mete mengandung komponen yang berhasil mencegah perkembangan berbagai jenis kanker tertentu.

Hal ini terjadi akibat kacang mete mengandung asam anakardat, komponen yang mampu melawan radikal bebas. Sebuah studi juga membuktikan kalau asam anakardat bisa menghentikan penyebaran sel kanker payudara pada manusia.

 

Sumber :

Ini Dia 10 Manfaat Kacang Mete yang Baik untuk Kesehatan (sehatq.com)


Postingan lama Postingan terbaru

Tambahkan komentar

Catatan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan