MANFAAT VCO (VIRGIN COCONUT OIL) / MINYAK KELAPA MURNI BAGI KESEHATAN

Virgin coconut oil atau lebih dikenal dengan sebutan VCO adalah jenis minyak kelapa murni yang dibuat dengan proses ekstraksi dari bahan daging kelapa yang masih segar, tanpa proses pemanasan, penyaringan, pemurnian dan pewarnaan yang mana mempertahankan semua manfaat alami termasuk juga kandungan tinggi vitamin E dan mineral.

VCO memiliki aroma serta rasa dari kelapa. Dalam penggunaannya pun cukup banyak dimanfaatkan, baik untuk keperluan memasak, produk kecantikan hingga perawatan tubuh.

Minyak kelapa ini memiliki sifat alami minyak sehingga dinilai lebih baik dibandingkan minyak kelapa biasa. Sehingga, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan. Ada pula senyawa dalam minyak kelapa murni seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat bisa menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan. Hal ini bisa berguna melawan bakteri jahat.

Minyak kelapa khususnya VCO digunakan untuk keperluan memasak maupun perawatan tubuh. Namun, untuk urusan medis memang masih diteliti. Meski begitu, VCO kian diminati dan populer di kalangan masyarakat. Konsumsi minyak kelapa memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh antara lain:

Diet

VCO dipakai untuk memasak atau dicampurkan dalam masakan karena dipercaya bisa menstimulasi metabolisme. Minyak kelapa murni ini mengandung asam lemak yag mudah masuk ke dalam sel-sel hati. Lemak lebih cepat dibakar untuk menjadi energi sehingga mendorong penurunan berat badan. Konsumsi minyak kelapa tidak bisa diandalkan akan langsung menurunkan berat badanmu. Hal ini perlu dibarengi dengan pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Hadapi lemak jahat

Manfaat minyak kelapa murni (VCO) bisa mengurangi kolesterol, lemak jahat (LDL), dan trigliserida. Tetapi bisa meningkatkan lemak baik (HDL). Rutin konsumsi minyak kelapa bisa memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah. Namun, konsultasikan dulu kepada dokter bila kamu ingin mengonsumsi minyak kelapa apalagi orang-orang yang sudah punya riwayat penyakit jantung.

Atasi infeksi bakteri atau virus

Asam lemak sehat pada minyak kelapa dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi. Biasanya VCO digunakan untuk berkumur untuk setelah bangun tidur karena dapat membunuh bakteri dalam mulut. Setelah berkumur dengan minyak kelapa, barulah sikat gigi seperti biasanya.

Postingan lama

Tambahkan komentar

Catatan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan